SILABI MATA KULIAH
Silabus
Deskripsi mata Kuliah :
Fokus cabang ilmu ini membahas tentang konsep dasar gerontik, teori bio-psiko-sosio-cultural dan spiritual pada proses penuaan, kebutuhan nutrisi, istirahat/ tidur, seksual lanjut usia, masalah fisik dan psikososial pada lanjut usia dan penerapannya pada asuhan keperawatan lansia dengan penekanan pada peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, dan pemeliharaan lanjut usia. Cabang ilmu ini akan berguna dalam melaksanakan pelayanan/ asuhan keperawatan pada lanjut usia di berbagai tatanan pelayanan kesehatan, khususnya di keluarga dan masyarakat. Pengalaman belajar meliputi ceramah, diskusi dan penugasan.
Standar kompetensi :
Setelah menyelesaikan mata ajar ini mahasiswa diharapkan mampu:
Mampu memahami teori konsep lanjut usia dan menerapkan dalam asuhan keperawatan pada pasien dengan berlandaskan etika serta standard operating prosedur yang baku
Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Pembelajaran Materi ajar Waktu Alat/Bahan/Sumber Belajar Penilaian
1. Memahami konsep, teori keperawatan gerontik
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan Pengertian gerontik, geriatrik dan lanjut usia
2. Menjelaskan batasan Lanjut Usia menurut WHO, Depkes dan Para ahli menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi individu.
3. Menjelaskan tipologi Lansia
4. Menjelaskan mitos lansia 1. Mengkaji pengertian gerontik, geriatrik dan lanjut usia
2. Mengkaji batasan Lanjut Usia menurut WHO, Depkes dan Para ahli.
3. Mengkaji tipologi lansia
4. Mendiskusikan mitos lansia 1. Pengertian gerontik, geriatrik dan lanjut usia
2. Batasan Lanjut Usia menurut WHO, Depkes dan Para ahli.
3. Tipologi Lansia
4. Mitos lansia
100 Laptop, LCD, OHP, transparansi
Darmojo, Geriatri /Gerontology, 2004: hal
Lucille, D.G., The Aging Person a Holistic Perspective, 1991 : hal Portofolio
Tes
essay
2. Memahami dan mengaplikasikan teori penuaan
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Memahami teori proses menua (Aging Process)
2. Memahami faktor yang mempengaruhi proses menua
3. Memahami perubahan Yang terjadi pada lansia (Fisik), 1. Mengkaji teori proses menua (Aging Process)
2. Mengkaji faktor yang mempengaruhi proses menua
3. Mendiskusikaan perubahan Yang terjadi pada lansia ( Fisik),
1. Teori proses menua (Aging Process)
2. Faktor yang mempengaruhi proses menua
3. Perubahan yang terjadi pada lansia ( Fisik) 100’ Laptop, LCD, OHP, transparansi
Darmojo, Geriatri /Gerontology, 2004: hal
Lucille, D.G., The Aging Person a Holistic Perspective, 1991 : hal Portofolio
Tes
essay
3. Memahami masalah kesehatan yang sering terjadi pada lansia
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Memahami penyakit yang sering terjadi pada lansia
2. Mendiskripsikan lansia yang sukses 1. Mengkaji penyakit yang sering terjadi pada lansia
2. Mendiskusikan lansia yang sukses
1. Penyakit yang sering terjadi pada lansia
2. Lansia yang sukses
Fa 100’ Laptop, LCD, OHP, transparansi
O'Neil, P.A. Caring For The Older Adult: A Health Promotion Perspective. 2002 : hal Portofolio
Tes
essay
4. Memahami issue dan trend keperawatan gerontik
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
Memahami issue dan trend keperawatan gerontik 1. Memahami isue keperawatan gerontik
2. Memahami trend keperawatan gerontik
Issue dan trend keperawatan gerontik 100 Laptop, LCD, OHP, transparansi
Portofolio
Tes
essay
5. Memahami asuhan keperawatan gerontik di rumah
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan pengertian askep keluarga dengan lansia
2. Menjelaskan tujuan askep keluarga dengan lansia
3. Menjelaskan fokus askep keluarga dengan lansia
1. Memahami pengertian askep keluarga dengan lansia
2. Memahami tujuan askep keluarga dengan lansia
3. Memahami fokus askep keluarga dengan lansia
1. Pengertian askep keluarga dengan lansia
2. Tujuan askep keluarga dengan lansia
3. Fokus askep keluarga dengan lansia
100’
Laptop, LCD, OHP, transparansi
Roach, S., Introductory Gerontological Nursing, 2001 : hal Portofolio
Tes
essay
6. Memahami asuhan keperawatan gerontik di institusi
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan teknik pengkajian pada lansia
2. Menjelaskan pengumpulan data riwayat kesehatan,
3. Menjelaskan pemeriksaan fisik, Psikososial, status mental, kognitif, spiritual
4. Menjelaskan perumusan diagnosa keperawatan lansia
5. Menjelaskan Intervensi keperawatan pada lansia terkait nutrisi
6. Menjelaskan Intervensi keperawatan pada lansia terkait keselamatan dan keamanan
7. Menjelaskan Intervensi keperawatan pada lansia terkait O2 dan CO2
8. Menjelaskan Intervensi keperawatan pada lansia terkait cairan dan elektrolit
9. Menjelaskan Intervensi keperawatan pada lansia terkait istirahat tidur
10. Mengkaji Intervensi keperawatan pada lansia terkait aktivitas
11. Menjelaskan Intervensi keperawatan pada lansia terkait kebersihan diri
12. Menjelaskan Intervensi keperawatan pada lansia terkait elimnasi
13. Menjelaskan Intervensi keperawatan pada lansia terkait tingkat hubungan dan komunikasi
14. Menjelaskan cara mengevaluasi askep pada lansia
15. Memahami cara mendokumentasikan askep lansia 1. Mengkaji Teknik Pengkajian Pada Lansia
2. Mengkaji pengumpulan data riwayat kesehatan,
3. Mengkaji pemeriksaan fisik, Psikososial, status mental
4. Merumuskan diagnosa keperawatan pada lansia
5. Mengkaji Intervensi keperawatan pada lansia terkait nutrisi
6. Mengkaji Intervensi keperawatan pada lansia terkait keselamatan dan keamanan
7. Mengkaji Intervensi keperawatan pada lansia terkait O2 dan CO2
8. Mengkaji Intervensi keperawatan pada lansia terkait cairan dan elektrolit
9. Mengkaji Intervensi keperawatan pada lansia terkait istirahat tidur
10. Mengkaji Intervensi keperawatan pada lansia terkait aktivitas
11. Mengkaji Intervensi keperawatan pada lansia terkait kebersihan diri
12. Mengkaji Intervensi keperawatan pada lansia terkait elimnasi
13. Mengkaji intervensi keperawatan pada lansia terkait tingkat hubungan dan komunikasi
14. Mengkaji cara mengevaluasi askep pada lansia
15. Mengkaji cara mengevaluasi askep pada lansia 1.Teknik Pengkajian Pada
Lansia
2. Pengumpulan data riwayat kesehatan,
3. Pemeriksaan fisik, Psikososial, status mental, kognitif, spiritual
4. Diagnosa keperawatan pada lansia
5. Intervensi Keperawatan pada lansia terkait nutrisi
6. Intervensi Keperawatan pada lansia terkait keselamatan dan keamanan
7. Intervensi Keperawatan pada lansia terkait O2 dan CO2
8. Intervensi Keperawatan pada lansia terkait cairan dan elektrolit
9. Intervensi Keperawatan pada lansia terkait istirahat tidur
10. Intervensi Keperawatan pada lansia terkait aktivitas
11. Intervensi Keperawatan pada lansia terkait kebersihan diri
12. Intervensi Keperawatan pada lansia terkait elimnasi
13. Intervensi Keperawatan pada lansia terkait ingkat hubungan dan komunikasi
14. cara mengevaluasi askep pada lansia
15. cara mengevaluasi askep pada lansia
100’ Laptop, LCD, OHP, transparansi
Matteson, M.A. and Mc. Connel, E.S. Gerontological Nursing: Concept and Practice, 1998: hal
Portofolio
Tes
essay
7. Memahami asuhan keperawatan gerontik di komunitas
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan pengkajian gerontik di komunitas
2. Menjelaskan perumusan diagnosa perawatan gerontik di komunitas.
3. Menjelaskan penyusunan intervensi keperawatan di komunitas 1. Pengkajian gerontik di komunitas
2. Perumusan diagnosa perawatan gerontik di komunitas.
3. Penyusunan intervensi keperawatan di komunitas
4. Pengkajian gerontik di komunitas
5. Perumusan diagnosa perawatan gerontik di komunitas.
6. Penyusunan intervensi keperawatan di komunitas
100 Laptop, LCD, OHP, transparansi
Stanhope, M and Lancaster, J. Community Health Nursing: Process And Practice For Promoting Health, 1995 : hal Portofolio
Tes
essay
8. Memahami asuhan keperawatan gerontik yang memiliki masalah kesehatan tertentu Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan peran keluarga dalam perawatan lansia
2. Menjelaskan tugas perkembangan keluarga dengan lansia 1. Memahami peran keluarga dalam perawatan lansia
Memahami tugas perkembangan keluarga dengan lansia 1. Peran keluarga dalam perawatan lansia
2. Tugas perkembangan keluarga dengan lansia 100’
Laptop, LCD, OHP, transparansi
Portofolio
Tes objective
9. Memahami program peningkatan kesehatan lansia di Indonesia Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan pengertian program peningkatan kesehatan lansia di Indonesia
2. Menjelaskan tujuan program peningkatan kesehatan lansia di Indonesia
3. Menjelaskan Jenis-jenis program peningkatan kesehatan lansia di Indonesia 1. Memahami pengertian program peningkatan kesehatan lansia di Indonesia
2. Memahami tujuan program peningkatan kesehatan lansia di Indonesia
3. Memahami Jenis-jenis program peningkatan kesehatan lansia di Indonesia 1. Pengertian program peningkatan kesehatan lansia di Indonesia
2. Tujuan program peningkatan kesehatan lansia di Indonesia
3. Jenis-jenis program peningkatan kesehatan lansia di Indonesia 100 Laptop, LCD, OHP, transparans O'Neil, P.A. (2002). Caring For The Older Adult: A Health Promotion Perspective. Philadelphia: Lippincott.
Roach, S. (2001). Introductory Gerontological Nursing. Philadelphia: Lippincott Portofolio
Tes objective
10. Memahami penatalaksanaan lansia yang mengalami penyakit terminal Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. menjelaskan pengertian penyakit terminal
2. menjelaskan pengkajian lansia dengan penyakit terminal
3. membuat diagnosa keperawatan pasien dengan penyakit terminal
4. membuat perencanaan asuhan keperawatan lansia dengan penyakit terminal
1. Mendiskusikan pengertian penyakit terminal
2. Mendiskusikan pengkajian lansia dengan penyakit terminal
3. Mendiskusikan diagnosa keperawatan pasien dengan penyakit terminal
4. Mendiskusikan perencanaan asuhan keperawatan lansia dengan penyakit terminal
1. pengertian penyakit terminal
2. pengkajian lansia dengan penyakit terminal
3. diagnosa keperawatan pasien dengan penyakit terminal
4. perencanaan asuhan keperawatan lansia dengan penyakit terminal
100 Laptop, LCD, OHP, transparans O'Neil, P.A. (2002). Caring For The Older Adult: A Health Promotion Perspective. Philadelphia: Lippincott.
Roach, S. (2001). Introductory Gerontological Nursing. Philadelphia: Lippincott Portofolio
Tes objective
11. memahami penatalaksanaan lansia yang mempunyai gangguan osteoporosis Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. menjelaskan pengertian penyakit osteoporosis
2. menjelaskan pengkajian lansia dengan penyakit osteoporosis
3. membuat diagnosa keperawatan pasien dengan penyakit osteoporosis
4. membuat perencanaan asuhan keperawatan lansia dengan penyakit osteoporosis 1. Mendiskusikan pengertian penyakit osteoporosis
2. Mendiskusikan pengkajian lansia dengan penyakit osteoporosis Mendiskusikan diagnosa keperawatan pasien dengan penyakit osteoporosis
3. Mendiskusikan perencanaan asuhan keperawatan lansia dengan penyakit osteoporosis
1. pengertian penyakit osteoporosis
2. pengkajian lansia dengan penyakit osteoporosis
3. diagnosa keperawatan pasien dengan penyakit osteoporosis
4. perencanaan asuhan keperawatan lansia dengan penyakit osteoporosis
100 Laptop, LCD, OHP, transparans O'Neil, P.A. (2002). Caring For The Older Adult: A Health Promotion Perspective. Philadelphia: Lippincott.
Roach, S. (2001). Introductory Gerontological Nursing. Philadelphia: Lippincott Portofolio
Tes objective
12 memahami penatalaksanaan lansia yang mengalami gangguan demensia Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. menjelaskan pengertian penyakit demensia
2. menjelaskan pengkajian lansia dengan penyakit demensia
3. membuat diagnosa keperawatan pasien dengan penyakit demensia
4. membuat perencanaan asuhan keperawatan lansia dengan penyakit demensia
1. Mendiskusikan pengertian penyakit demensia
2. Mendiskusikan pengkajian lansia dengan penyakit demensia
3. Mendiskusikan diagnosa keperawatan pasien dengan penyakit demensia
4. Mendiskusikan perencanaan asuhan keperawatan lansia dengan penyakit demensia
1. pengertian penyakit demensia
2. pengkajian lansia dengan penyakit demensia
3. diagnosa keperawatan pasien dengan penyakit demensia
4. perencanaan asuhan keperawatan lansia dengan penyakit demensia
100 Laptop, LCD, OHP, transparans O'Neil, P.A. (2002). Caring For The Older Adult: A Health Promotion Perspective. Philadelphia: Lippincott.
Roach, S. (2001). Introductory Gerontological Nursing. Philadelphia: Lippincott Portofolio
Tes objective
Referensi:
Sumber Mata Ajar:
1. Annete G. Luecknotte (1996). Gerontologic Nursing. St. Louis: Mosby Book, Inc.
2. Chenitz, W.C, Stone, JT, and Salisbury, S.A. (1991). Clinical Gerontological Nursing: a guide to advanced practice.Philadelphia: W.B. Saunders Company.
3. Carol, K.R. & Sue Ann, ……., Adult Health Nursing, A Biopsicho Sosial Approach, Addison-Wesley, Publ. Co., Philadelphia
4. Dep.Kes. R.I. , (2001), Pedoman pembinaan Kesehatan Usila Bagi Petugas Kesehatan
5. Dep.Kes.R.I., (2003), pedoman Perawatan Kesehatan Usila di Rumah.
6. Eliopoulos, Charlotte, (2005), Gerontological Nursing, 6th edition,
Philadelphia, Lippincott Williams & Wilkins.
7. Giovella, E.C. and Beril C.W. (1993). Nursing Care of Aging Client: promoting health adaption. Norwak: Appletion Century-Croft.
8. Johnson, B.S.(1992). Psychiatric Mental Health Nursing: Adaption and Growth. (2nd Ed,) Philadelphia: J.B Lippincott.
9. Lucille, D.G. (1991). The Aging Person a Holistic Perspective. St. Louis: The C.V. Mosby Company.
10. Matteson, M.A. and Mc. Connel, E.S. (1998). Gerontological Nursing: Concept and Practice. Philadelphia: W.B. Saunders Company.
11. Miller, C.A. (1995). Nursing Care of Older Adults: Theory and Practice. Philadelphia: J.B. Lippincott.
12. Mooney, Ruth A. and Green Way, M.N. (1993). Gerontologic. Washington: Delmar Publisher.
13. M.Aniek, (1998), Pengkajian Gerontology , EGC, Jakarta. Nugroho Wahyudi, (2000), Keperawatan Gerontik, EGC, Jakarta
14. Mace, Nancy L.( 2005 ).Teaching Dementia care Skill and and Understanding. Baltimore : John Hopkins.
15. Mayer, Brenna H.(Ed), (2002), Better Elder Care : A Nurse’s Guide To Caring For Older Adults, Pennsylvania, Springhuse.
16. O'Neil, P.A. (2002). Caring For The Older Adult: A Health Promotion Perspective. Philadelphia: Lippincott.
17. Roach, S. (2001). Introductory Gerontological Nursing. Philadelphia: Lippincott.
18. Stanhope, M and Lancaster, J. (1995). Community Health Nursing: Process And Practice For Promoting Health. St. Louis: Mosby Year Book.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar